MATAKULIAH MAGISTER PEDAGOGI Total SKS : 55 SKS
Semester 1
No | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | WPS8611023001 | Filsafat pendidikan | 3 |
2 | WPS8611023002 | Metode Penelitian Pendidikan | 3 |
3 | WPS8611023003 | Landasan Ilmu Pendidikan | 3 |
4 | WPS8611023004 | Statistika Terapan | 3 |
5 | WPS8611023005 | Kepemimpinan Pedagogi | 3 |
6 | UMB8611023001 | Islam dan Peradaban | 2 |
Jumlah SKS | 17 |
Semester 2
No | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | WPS8611023006 | Analisis dan Pengembangan Kurikulum Pembelajaran | 3 |
2 | WPS8611023007 | Teknologi Informasi Pendidikan | 3 |
3 | WPS8611023008 | Asessmen dan Evaluasi Pendidikan | 3 |
4 | WPS8611023009 | Penulisan Artikel Ilmiah (Inovasi Model Pembelajaran) | 3 |
5 | WPS8611023010 | Orientasi baru dalam psikologi pendidikan | 3 |
6 | WPS8611023011 | Seminar Proposal | 2 |
Jumlah SKS | 17 |
Semester 3
No | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | WPS8611023012 | Pedagogi Inovatif | 3 |
2 | WPS8611023013 | Perbandingan Sistem Pendidikan Antar Negara | 3 |
Konsentrasi Kebijakan Pendidikan | |||
3 | MKP8611023001 | Teori dan Strategi Kebijakan Pendidikan * | 3 |
4 | MKP8611023002 | Manajemen Strategi Pendidikan* | 3 |
5 | MKP8611023003 | Kepemimpinan Pengelolaan Pendidikan* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||
6 | MKP8611023004 | Desain dan Aplikasi Pembelajaran IPA-Matematika SD* | 3 |
7 | MKP8611023005 | Desain dan Aplikasi Pembelajaran IPS-PPKn SD* | 3 |
8 | MKP8611023006 | Desain dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Seni di SD* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini | |||
9 | MKP8611023007 | Pendidikan Sains dan Matematika AUD* | 3 |
10 | MKP8611023008 | Pendidikan Bahasa, Seni, dan Studi Sosial AUD* | 3 |
11 | MKP8611023009 | Analisis Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan IPS dan PPKn | |||
12 | MKP8611023010 | Konsep Dasar IPS dan Ilmu Kewarganegaraan* | 3 |
13 | MKP8611023011 | Pengembangan Materi dan Desain Pembelajaran IPS dan PPKn* | 3 |
14 | MKP8611023012 | Analisis Problematika Pembelajaran IPS dan PPKn* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan IPA | |||
15 | MKP8611023013 | Pengembangan Materi dan Desain Pembelajaran IPA* | 3 |
16 | MKP8611023014 | Pengelolaan Laboratorium dan Praktikum IPA* | 3 |
17 | MKP8611023015 | Isu Global dan Pendidikan Sains* | 3 |
Konsentrasi Bimbingan dan Konseling | |||
18 | MKP8611023016 | Pengembangan konseling Eklektika* | 3 |
19 | MKP8611023017 | Pengembangan konseling Sosial Budaya* | 3 |
20 | MKP8611023018 | Penilaian Otentik dan Komprehensif Konseling* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Vokasi | |||
21 | MKP8611023019 | Prinsip Keilmuan dan Isu Kontemporer Pendidikan Vokasi* | 3 |
22 | MKP8611023020 | Penyelarasan Sekolah Vokasi dan DUDI* | 3 |
23 | MKP8611023021 | Edupreneurship dan Bimbingan Karir Vokasional* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Matematika | |||
24 | MKP8611023022 | Proses Berpikir Matematis* | 3 |
25 | MKP8611023023 | Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika* | 3 |
26 | MKP8611023024 | Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Agama Islam | |||
27 | MKP8611023025 | Studi Al-Qur’an Hadist Perpektif Pendidikan Islam* | 3 |
28 | MKP8611023026 | Pendekatan dalam pengkajian Islam* | 3 |
29 | MKP8611023027 | Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran PAI* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris | |||
30 | MKP8611023028 | Critical Discourse Analysis in TESOL* | 3 |
31 | MKP8611023029 | Second Language Acquisition* | 3 |
32 | MKP8611023030 | The teaching of English skills* | 3 |
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia | |||
33 | MKP8611023031 | Pembelajaran Bahasa Inovatif* | 3 |
34 | MKP8611023032 | Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran Bahasa* | 3 |
35 | MKP8611023033 | Pembelajaran Bahasa Inovatif* | 3 |
Jumlah SKS | 15 |
Semester 4
No | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | UMB8611023002 | Tesis | 6 |
Jumlah SKS | 6 |
BIMBINGAN TESIS
- Pembimbing tesis terdiri dari dua orang dosen, dengan ketentuan: – Dosen Pembimbing 1 , berpendidikan S3, dengan jenjang akademik minimal Lektor. – Dosen Pembimbing 2, berpendidikan S3, dengan jenjang akademik minimal Asisten Ahli – Background pendidikan salah satu pembimbing harus sesuai dengan topik penelitian.
- Mahasiswa dapat mengajukan dua nama calon dosen pembimbing sebagai bahan pertimbangan Kaprodi dalam membuat keputusan.
ARTIKEL ILMIAH PENGGANTI TESIS
Berdasarkan SK Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Nomor 04/KEP/R/II.3.AU/2023, dan Rapat Program Studi Pedagogi, mahasiswa yang mengambil jalur artikel ilmiah sebagai pengganti tesis, wajib memenuhi ketentuan berikut:
- Mahasiswa mendaftar dengan mengisi formulir di Program Studi
- Artikel ilmiah bersumber pada hasil penelitian yang dibimbing oleh dosen pembimbing
- Topik penelitian untuk artikel ilmiah disesuaikan dengan kajian dan konsentrasi di Program Studi.
- Mahasiswa memilih jurnal atau prosiding tujuan yang disetujui oleh dosen pembimbing.
- Mahasiswa wajib mempublikasikan karyanya pada dua kriteria di bahwa ini: – Jurnal Nasional terakreditasi SINTA 1-3 atau Jurnal Internasional bereputasi atau Prosiding internasional bereputasi (terindeks Scopus atau Web of Science) – Prosiding iternasional atau jurnal internasional (mininal terindeks Google Scholar)
- Mahasiswa wajib mencantumkan nama dosen pembimbing.
- Mahasiswa wajib menuliskan nama afiliasinya sesuai dengan program studi yang diambil di UM Bengkulu.
- Mahasiswa melakukan pengiriman artikel ke jurnal/prosiding tujuan dan mengikuti tahapan sampai mendapatkan LoA dari pengelola jurnal.
- Mahasiswa wajib menyerahkan dokumen artikel ilmiah ke Program Studi beserta proses publikasi, meliputi: a. Bukti surat penerimaan naskah dari pengelola/LoA. b. Bukti naskah asli. c. Bukti penyerahan naskah (submission). d. Bukti hasil review. e. Bukti hasil Revisi. f. Bukti korespondensi
Tinggalkan Balasan